Saturday, February 18, 2012

SWB 1984 - Kodok Biru

Photo courtessy: Jip.Otomotifnet.com
Tahun pembuatan : 1985
Kelas Modifikasi : Off Road
Mesin : Toyota 1KZ-TE Turbo Diesel 3000cc 4 Silinder Segaris
Transmisi : Ex Toyota Hi-Lux
Gardan : Ex Toyta Hi-Lux (Depan-belakang)
Ban : Simex Extreme Trekker 35x10,5R15
Velg : Modular
Modifikasi lain :
- Intercooler ex Mitsubishi Storm
- Engine cut-off Maval
- Final Gear 7:37
- ARB Air Locker (depan-belakang)
- Link Arm ex Toyota Hi-Lux
- Winch WARN 8274-M50
- Stiring shock Tough Dog Suspension
- Shockbreaker King Coil overshock with King USA Bumpstop
- Custom bumper
- Jok by Summit with RaceQuip 5 titik Safety belt

Cerita tentang modifikasi:
Pemilik Pil Biru ini sebenarnya sudah memiliki sebuah Trooper Long Wheel Base yang dimodifikasi untuk keperluan harian. Namun karena keinginan pemilik yang juga ingin memiliki Trooper yang bisa digunakan secara khusus untuk kegiatan-kegiatan off road, maka dibangunlah sebuah Trooper Short tahun 1984 ini dengan modifikasi ekstrim agar mampu memenuhi keinginan si pemilik.  



Mesin
Pengalaman di TIFOR begitu membekas. Tak pengin kejadian terulang, Anditya langsung membongkar Trooper. Halfcut Toyota Hilux yang memakai mesin 1KZ-TE plus girboks matic dibeli dan langsung diceploskan semuanya ke Trooper. Mulai dari mesin, girboks, transfercase dan gardan. 

Mesin diesel Toyota 1KZ-TE berkapasitas 3.000 ini bikin Trooper Anditya gampang dikenali di antara anggota KTI. “Karena berbeda.”


Gardan
Enggak mau ribet dengan settingan gardan, iapun mengaplikasikan gardan Hilux (depan-belakang) menggantikan kaki-kaki Trooper bawaan pabrik. Final gir terpasang 7: 37.


Agar traksi ban tak pernah hilang di gardan depan-belakang dipasangi pula Air Locker ARB. Perubahan suspensi asli jadi coilovershock membawa konsekuensi mengubah sistem suspensinya juga. Ada penambahan link arm bawaan Hilux untuk mengatur pergerakan gardan 

Sokbreker 
Dendam gagal melahap handicap, Anditya nekat memasang King Coiloveshock lengkap dengan bumstopnya.


Bumper 
Depan belakang dipasang bumper lokal buata ARJ. Dipasang tak sekadar menempel, namun dibaut erat ke sasis sekaligus jadi dudukan winch Warn 8274 M50


Jok 
Jok dipasang Summit plus RaceQuip safetybelt 5 titik. Agar memiliki bantalan lumayan empuk ditambahkan sarung kulit membungkus jok Summit. 







Rollbar 
Besi seamless melindungi Trooper dari dalam. Terintegrasi kuat karena ditanam menyatu dengan sasis. 









Pelek 
Pelek Modular berpasangan dengan Simex Extreme Trekker 35x10,5-R15 









Interior 
Dasbor asli Hilux lengkap dengan stirnya akhirnya bisa menggantikan dasbor dan stir bawaan pabrik







Artikel asli di www.JipOtomotifnet.com

No comments:

Post a Comment