Tuesday, March 13, 2012

LWB 1985 - Canvas



Tahun pembuatan : 1985
Kelas Modifikasi : Offroad
Mesin : Isuzu C223 2300cc Diesel Engine
Transmisi : Isuzu Modified 5-Speed
Gardan : Isuzu 9:41
Ban : TSL Super Swamper 33x12.5R15
Velg : Elstar steel
Modifikasi lain :
- Winch T-Max EW9500 series dengan Winch dumper
- 8 cm body lift dengan plat "U" pada chasis
- Custom bullbar dan sidebar menggunakan pipa besi Schedule 1.5 oleh TIFA Ban
- OEM Jerry can
- Kurapol canvas roof
- Rollbar 4 point oleh TIFA Ban
- Gearbox modifikasi ke 5-kecepatan

Cerita tentang modifikasi:
Trooper ini pertama kali ditemukan oleh sang pemilik dalam kondisi yang cukup menyedihkan oleh salah satu anggota KTI yang kemudian dibeli oleh Pemilik-nya saat ini. Saat pertama kali diperoleh, pemilik awal telah melakukan modifikasi dengan menambahkan 2 pintu samping layaknya Trooper 5 pintu. Pemilik saat ini kemudian mengembalikan wujud asli Trooper ini menjadi 3 pintu kembali, namun saat melakukan restorasi ini, sang Pemilik memiliki kesulitan untuk mendapatkan kaca samping dan bagian atap untuk menggantikan komponen lama yang kondisinya sudah cukup parah. Dengan mempertimbangkan kesulitan tersebut, akhirnya diputuskan untuk menggunakan material kanvas sebagai penggantinya.



Gearbox transmisi asli bawaan Trooper yang 4 kecepatan dimodifikasi dengan menambahkan gear gigi ke-5 sehingga saat ini menjadi 5-speed. Rangka atap utama diganti menggunakan material besi sekaligus menambahkan Rollbar 4 titik menggunakan besi schedule 1,5 yang dikerjakan di bengkel TIFA Ban, sementara penutup atap dan jendela menggunakan sistem kanvas berbahan Kurapol. Rollbar didesain untuk mengikuti profil dashboard asli sehingga tidak perlu menembus/merusak bagian atas ujung kiri dan kanan dashboard. Bagian lekukan besi ditambahkan plat untuk menahan beban yang timbul pada bagian lekukan apabila mendapatkan tekanan saat mobil terguling.



Fungsi penutup atap dan jendela kanvas dibuat dengan tetap mengutamakan fungsinya yang dapat dilipat saat diperlukan dan mengikuti pola lubang jendela sesuai dengan posisi jendela Trooper 3 pintu. Aksesori lain seperti bullbar dan sidebar juga dibuat dengan mengutamakan fungsinya sebagai pelindung samping dan depan, sekaligus sebagai tempat dudukan Winch. Penambahan jerry can di bagian belakang sebagai bahan bakar cadangan saat mobil ini digunakan untuk perjalanan panjang maupun aktifitas offroad.




3 comments: